ANALISIS KUALITAS GURU SMK TATA KECANTIKAN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL


Jasmine Mazaya Dimarti, 5402415010 (2020) ANALISIS KUALITAS GURU SMK TATA KECANTIKAN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402415010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (573kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara yang dapat ditempuh guru agar dapat mengembangkan diri secara profesional antara lain dengan melakukan penelitian. Namun fakta di lapangan menunjukkan hanya sedikit guru yang melakukan penelitian. Padahal guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kualitas guru SMK Tata Kecantikan dalam melakukan penelitian sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif non eksperimental. Teknik pengambilan data menggunakan survei, angket, dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 3 Magelang jurusan Tata Kecantikan yang berjumlah 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian pada variabel potensi profesional guru (dengan indikator Sumber Daya Manusia, motivasi melakukan penelitian, organisasi profesi) mendapatkan nilai 74,44% dan dikategorikan berkualitas. Variabel keterampilan melakukan penelitian (dengan indikator memahami tujuan penelitian, memahami langkah penelitian, kebutuhan melakukan penelitian) mendapatkan nilai 73,33% dan dikategorikan berkualitas. Variabel peningkatan profesional (dengan indikator pengetahuan keterampilan, peningkatan kualitas pembelajaran, sertifikat kompetensi, berpartisipasi dalam penelitian) mendapat nilai 74,56% dan dikategorikan berkualitas. Simpulan dari penelitian ini yaitu mayoritas guru SMK Negeri 3 Magelang jurusan Tata Kecantikan berkualitas untuk melakukan penelitian sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional. Namun belum diemplementasikan secara optimal. Saran bagi guru yaitu sebaiknya senantiasa meningkatkan kinerjanya, dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sedangkan bagi kepala sekolah yaitu sebaiknya memberikan motivasi bagi guru untuk melakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Penelitian, Kompetensi Profesional
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:21
Last Modified: 06 Aug 2020 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37820

Actions (login required)

View Item View Item