PENGARUH PERSEPSI SISWA SMK TATA KECANTIKAN TENTANG BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI


Diah Kusuma Devy, 5402414037 (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA SMK TATA KECANTIKAN TENTANG BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402414037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (745kB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan salah satu hal yang mampu menimbulkan minat atau perasaan tertarik pada seseorang. Salah satunya yaitu minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman serta kemajuan ilmu teknologi khususnya dalam bidang kecantikan beauty vlogger juga banyak bermunculan yang dimungkinkan dapat mengubah persepsi siswa SMK tata kecantikan tentang perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi siswa SMK Tata Kecantikan tentang beauty vlogger berpengaruh terhadap minat untuk melanjutkan pendidikan pada Perguruan Tinggi Tata Kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 208 siswa kelas XII SMK Negeri Jurusan Tata Kecantikan di Jawa Tengah. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sejumlah 137 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,801 dengan sig.= 0,000. Oleh karena sig.<0,05 maka Ho (β=0) ditolak yang artinya persepsi siswa SMK Tata Kecantikan tentang beauty vlogger berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kesimpulan dari penelitian yaitu persepsi siswa SMK Tata Kecantikan cukup berpengaruh terhadap minat siswa utuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saran bagi siswa yaitu siswa harus pandai dalam menyaring informasi yang disampaikan oleh beauty vlogger, serta harus adanya dukungan yang lebih dari segala pihak tentang program keahlian di Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, beauty vlogger, minat melanjutkan
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 06 Aug 2020 00:11
Last Modified: 06 Aug 2020 00:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37792

Actions (login required)

View Item View Item