PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI MILB YKTM BUDI ASIH KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018


Kusdewa Iman Kurniawan , 6301413139 (2019) PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI MILB YKTM BUDI ASIH KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI MILB YKTM BUDI ASIH KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI MILB YKTM BUDI ASIH KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Download (396kB) | Preview

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah LB YKTM Budi Asih merupakan satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Jawa Tengah yang menyelenggarakan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pelaksanaan Program Pembelajaran Penjasorkes di MILB YKTM Budi Asih Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan program pembelajaran Penjasorkes di MILB YKTM Budi Asih Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan program pembelajaran penjasorkes. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, pemeriksaan dokumen dan wawancara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran Penjasorkes berjalan dengan baik, program pembelajaran disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang berorientasi pada pendidikan khusus. Pelaksanaan pembelajaran didukung oleh pemanfaatan waktu yang efektif oleh guru, namun juga ada faktor penghambat antara lain keterbatasan fisik peserta didik dan tidak adanya guru dengan latar belakang pendidikan olahraga yang mengajar mata pelajaran penjasorkes. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penyusunan program pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yang berorientasi pada pendidikan khusus. Program yang disusun disesuaikan berdasarkan kemampuan individu dan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran, Penjasorkes, MILB YKTM Budi Asih.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 05 Aug 2020 15:13
Last Modified: 05 Aug 2020 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37752

Actions (login required)

View Item View Item