KONTRIBUSI PERSENTASE KETEBALAN LEMAK TUBUH TERHADAP PHYSICAL FITNESS INDEX ATLET GULAT DEMAK TAHUN 2018


Ahmad Pondan Prasekti , 6301413136 (2019) KONTRIBUSI PERSENTASE KETEBALAN LEMAK TUBUH TERHADAP PHYSICAL FITNESS INDEX ATLET GULAT DEMAK TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KONTRIBUSI PERSENTASE KETEBALAN LEMAK TUBUH TERHADAP PHYSICAL FITNESS INDEX ATLET GULAT DEMAK TAHUN 2018]
Preview
PDF (KONTRIBUSI PERSENTASE KETEBALAN LEMAK TUBUH TERHADAP PHYSICAL FITNESS INDEX ATLET GULAT DEMAK TAHUN 2018) - Published Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Daya tahan otot sangat berperan penting dalam cabang olahraga gulat, namun banyak atlet gulat yang daya tahannya masih kurang dikarenakan lemak tubuh yang dimiliki oleh para atlet rata-rata melebihi batas normal. Physical fitness index menjadi monitor pengukur daya tahan otot tubuh secara keseluruhan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada kontribusi persentase ketebalan lemak tubuh terhadap physical fitness index atlet gulat Demak Tahun 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi persentase ketebalan lemak tubuh terhadap physical fitness index atlet gulat Demak Tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan survei tes. Populasi penelitian ini adalah atlet gulat Demak dengan sampel 9 orang atlet. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan kriteria atlet gulat berusia 17-20 tahun, berjenis kelamin laki-laki, aktif berlatih gulat di Kabupaten Demak. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu persentase ketebalan lemak tubuh, dan variabel terikatnya physical fitness index. Teknik analisis data yang digunakan statistika non parametrik dengan kolmogorov smirnov tes, uji homogenitas dan regresi sederhana dengan Metode analisis data menggunakan penghitungan komputerisasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan persentase ketebalan lemak tubuh diketahui t hitung= -3.744 dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 berarti ada kontribusi persentase ketebalan lemak tubuh terhadap physical fitness index. Kontribusi persentase ketebalan lemak tubuh terhadap physical fitness index sebesar 66,70%. Simpulan dalam penelitian ini adalah adanya kontribusi persentase ketebalan lemak tubuh terhadap physical fitness index atlet gulat Demak Tahun 2018. Saran penelitian: atlet termotivasi mendapatkan prestasi yang lebih baik dengan mengurangi makanan yang berlemak dan diganti dengan makanan yang berserat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 05 Aug 2020 15:10
Last Modified: 05 Aug 2020 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37751

Actions (login required)

View Item View Item