SURVEI HASIL SERVIS ATAS JUMPING DAN FLOATING PADA PERMAINAN BOLA VOLI KLUB TALENTA SEMARANG TAHUN 2019


Amrul Khakim , 6301412111 (2019) SURVEI HASIL SERVIS ATAS JUMPING DAN FLOATING PADA PERMAINAN BOLA VOLI KLUB TALENTA SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI HASIL SERVIS ATAS JUMPING DAN FLOATING PADA PERMAINAN BOLA VOLI KLUB TALENTA SEMARANG TAHUN 2019]
Preview
PDF (SURVEI HASIL SERVIS ATAS JUMPING DAN FLOATING PADA PERMAINAN BOLA VOLI KLUB TALENTA SEMARANG TAHUN 2019) - Published Version
Download (897kB) | Preview

Abstract

Pelatih klub bola voli Talenta Semarang, telah memberikan latihan servis atas jumping dan floating karena teknik-teknik servis tersebut merupakan teknik dasar yang sangat penting dalam permainan bola voli. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil servis atas jumping dan floating pada permainan bola voli klub Talenta Semarang?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hasil servis atas jumping dan floating pada permainan bola voli klub Talenta Semarang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei. Variabel penelitian yaitu hasil servis atas jumping dan floating. Populasi penelitian adalah seluruh atlet putri pada Klub Talenta Semarang yang berusia antara 13-15 tahun yaitu 17 atlet. Teknik samping yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes servis AAHPER. Analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil servis atas jumping pada permainan bola voli klub Talenta Semarang dengan nilai rata-rata 56,9% sehingga termasuk dalam kategori sedang dan hasil servis atas floating dengan nilai rata-rata 70,3% termasuk dalam kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah hasil servis floating lebih baik dibandingkan dengan hasil servis jumping pada atlet klub Talenta Kota Semarang. Saran penelitian ini yaitu pelatih klub Talenta Semarang perlu meningkatkan intensitas dan frekuensi latihan teknik servis atas jumping karena masih banyak atlet yang belum menguasai dengan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumping, Floating, Permainan bola voli
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 05 Aug 2020 14:25
Last Modified: 05 Aug 2020 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37734

Actions (login required)

View Item View Item