HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA (Survei Pada Pemain SSB Garuda Muda Semarang KU-12 Tahun 2019)


Muhammad Zakky Mubarok , 6301415002 (2019) HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA (Survei Pada Pemain SSB Garuda Muda Semarang KU-12 Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA (Survei Pada Pemain SSB Garuda Muda Semarang KU-12 Tahun 2019)]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA (Survei Pada Pemain SSB Garuda Muda Semarang KU-12 Tahun 2019)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian yaitu pemain SSB Garuda Muda KU-12 tahun dalam menggiring bola belum bisa mengendalikan bola sehingga tidak bisa menguasai dan melindungi bola dari lawan. Rumusan masalah penelitian yaitu adakah hubungan antara kelentukan pergelangan kaki dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan menggiring bola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kelentukan pergelangan kaki dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan menggiring bola pemain SSB Garuda Muda Semarang KU-12 tahun. Metode penelitian menggunakan survey test. Populasi penelitian 160 pemain. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 20 pemain. Instrumen yang digunakan tes keterampilan menggiring bola Nurhasan (2001). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara: 1) Kelentukan pergelangan kaki dengan kemampuan menggiring bola 33,6%, 2) Kekuatan otot tungkai dengan kemampuan menggiring bola 28,8%, 3) Kelentukan pergelangan kaki dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan menggiring bola 65,2%. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara kelentukan pergelangan kaki dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan menggiring bola. Disarankan pelatih SSB Garuda Muda untuk memberikan latihan kelentukan pergelangan kaki dan kekuatan otot tungkai guna meningkatkan kemampuan menggiring bola pemain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelentukan Pergelangan Kaki, Kekuatan Tungkai, Menggiring, SSB Garuda Muda Semarang
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Aug 2020 18:08
Last Modified: 05 Aug 2020 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37729

Actions (login required)

View Item View Item