Penerapan Praktikum Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa


Hafshoh Dwi Nirwana , - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia and Sri Susilogati Sumarti, KIMIA UNNES (2016) Penerapan Praktikum Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (2). pp. 1788-1797. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Penerapan Praktikum Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa]
Preview
PDF (Penerapan Praktikum Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa) - Published Version
Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Review_Penerapan_Praktikum_Berbasis_Masalah_Untuk_Meningkatkan_Keterampilan_Proses_Sains_Siswa.pdf]
Preview
PDF
Download (971kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa suatu SMA N di Jekulo dengan menerapkan metode praktikum berbasis masalah. Metode pelaksanaannya dengan desain control group pretest postest, yaitu penelitian dengan melihat perbedaan hasil pretest maupun postest antara kelas eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga didapat XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis uji perbedaan rata-rata hasil postest kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik dibanding kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai postest yaitu 76,8 sedangkan kelas kontrol yaitu 70. Uji normalitas Gain pada hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik dalam keterampilan proses sains sebesar 0,48 dan kelas kontrol peningkatannya sebesar 0,35 dengan kriteria sedang. Tingkat ketercapaian indikator keterampilan proses sains menurut analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kelas eksperimen sangat baik yaitu 91,12%. Menurut analisis koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa penelitian ini berkontribusi sebesar 37,21% dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa penerapan praktikum berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: praktikum, pembelajaran berbasis masalah, keterampilan proses sains
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:02
Last Modified: 04 Aug 2020 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37706

Actions (login required)

View Item View Item