ANALISIS HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MEDIA BERGAMBAR PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X SMA


Rizki Masita Harum Mawarti, 4301414019 (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MEDIA BERGAMBAR PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414019.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa melalui model Project Based Learning dengan produk media bergambar pada materi stoikiometri kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini didasarkan oleh nilai rata-rata siswa yang rendah yaitu di bawah KKM. Model Project Based Learning diaplikasikan dengan materi stoikiometri karena materi stoikiometri ini merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa sehingga diharapkan penerapan model Project Based Learning dengan produk media bergambar siswa dapat tertarik untuk mempelajari kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method yaitu gabungan analisis antara kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian adalah studi kasus. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 12 Semarang sebanyak 138 siswa. Sampel penelitian penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai sampel. Hasil belajar yang dianalisis yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, lembar angket, dan lembar observasi. Penilaian produk yang dilakukan dengan teknik peer-observer. Hasil analisis reliabilitas soal, angket, lembar observasi praktikum, dan lembar observasi produk berturut-turut sebesar 0,62; 0,74; 0,75; dan 0,76. Berdasarkan data kualitatif, sebagian besar siswa menyatakan bahwa dengan model Project Based Learning membuat siswa kekurangan latihan soal serta lebih fokus pada pembuatan produk daripada materi. Namun di sisi lain siswa mendapat kelebihan dari model Project Based Learning yaitu dengan kerjasama yang baik mampu menghasilkan keterampilan yang baik pula serta mendapat pengalaman baru. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif sebesar 55,67%, ranah afektif sebesar 67,29%, psikomotorik praktikum sebesar 85,67%, dan penilaian produk sebesar 74,91%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Project Based Learning; Stoikiometri
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 17:15
Last Modified: 03 Aug 2020 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37700

Actions (login required)

View Item View Item