ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING


Nur Khasanah, 4301414018 (2018) ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414018.pdf]
Preview
PDF
Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pati melalui pendekatan CTL pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian adalah studi kasus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan kuantitatif dengan membuat deskripsi analisis menggunakan data tersebut. Analisis data kuantitatif bertujuan untuk menghitung reliabilitas dari instrumen lembar post-tes, lembar observasi dan lembar angket yang merupakan bagian dari analisis data tahap awal. Analisis data kuantitatif juga digunakan untuk menghitung rerata dari ketercapaian kompetensi dasar peserta didik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan menarik kesimpulan. Analisis data pada penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Instrumen yang digunakan divalidasi oleh validator. Validator yang dipilih diantaranya dari dosen kimia Unnes dan guru kimia di SMA Negeri 2 Pati. Setelah divalidasi oleh validator kemudian instrumen digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar soal post-test, lembar observasi, lembar angket dan lembar wawancara. Hasil analisis tahap awal yaitu menunjukkan reliabilitas uji coba soal post-test, reliabilitas lembar afektif, reliabilitas lembar psikomotorik, reliabilitas lembar angket terhadap pembelajaran berturut-turut sebesar 0,77; 0,731; 0,744; 0,78 dengan kriteria reliabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aspek kognitif sebesar 88,88% dengan kriteria tercapai. Sedangkan rata-rata aspek afektif dan psikomotorik sebesar 90% dan 87% dengan kriteria tercapai. Hal ini ditunjukkan juga dari respon peserta didik terhadap pembelajaran sebesar 43,81 kriteria baik dan dari hasil penilaian kinerja guru yang dianalisis diperoleh rata-rata 90,476 % kriteria sangat baik. Hasil wawancara yang dianalisis secara deskriptif menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran. Secara keseluruhan diperoleh bahwa peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar pada materi larutan penyangga dengan menggunakan pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi dasar, CTL, larutan penyangga
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 17:12
Last Modified: 03 Aug 2020 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37699

Actions (login required)

View Item View Item