ANALISIS HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING CHIPS PADA MATERI HIDROKARBON


Zakiyatu Sarifa, 4301414016 (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING CHIPS PADA MATERI HIDROKARBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414016.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hasil belajar dan kecerdasan interpersonal siswa melalui model pembelajaran talking chips. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA N 2 Kudus dengan teknik purpose sampling berdasarkan pertimbangan dari guru yang bersangkutan. Pengambilan data dilakukan menggunakan lembar validasi, instrumen tes kognitif, lembar observasi, angket tanggapan siswa dan dokumentasi. Hasil analisis kognitif kelas eksperimen 1 nilai pre-test sebesar 70 dan post-test sebesar 100 sedangkan kelas eksperimen 2 nilai pre-test sebesar 70 dan post-test sebesar 95. Hasil analisis afektif aspek tertinggi kelas eksperimen 1 adalah aspek kerjasama sedangkan untuk kelas eksperimen 2 adalah aspek rasa ingin tahu. Indikator empathetic processing, team building dan listening to other yang dimiliki siswa kelas eksperimen sangat baik, namun untuk indikator giving feedback dan inquiry & questioning masih kurang dan perlu ditingkatkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran talking chips dapat meningkatkan hasil belajar dan kecerdasan interpersonal siswa dan membuat siswa lebih tertarik dan aktif selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: interpersonal intelligence, learning result, talking chips
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 17:03
Last Modified: 03 Aug 2020 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37697

Actions (login required)

View Item View Item