ANALISIS KETERAMPILAN DASAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


Putri Karlitha Agustina, 4301414014 (2018) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414014.pdf]
Preview
PDF
Download (764kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan tanggapan peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar siswa dengan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 4 SMA N 5 Magelang dengan teknik purpose sampling berdasarkan pertimbangan dari guru yang bersangkutan. Hasil analisis keterampilan dasar siswa terhadap pemahaman konsep didapatkan hasil bahwa presentase pada materi Hukum Lavoisier sebesar 86%, Hukum Proust sebesar 84%, Hukum Dalton sebesar 85%, Hukum Gay Lussac sebesar 67% dan Hukum Avogadro sebesar 73%. Hal tersebut membuktikan bahwa pada materi hukum Lavoisier mendapatkan rata-rata tertinggi sedangkan pada materi hukum Gay Lussac mendapatkan presentase terendah, sedangkan hasil analisis keterampilan dasar siswa pada materi hukum dasar siswa yakni didapatkan hasil presentase rata-rata pada aspek mengamati sebesar 85%, aspek mengklasifikasikan sebesar 80%, aspek mengukur sebesar 73%, aspek menyimpulkan sebesar 77% dan aspek memprediksi sebesar 85%. Hal tersebut membuktikan bahwa aspek yang memiliki rata-rata paling tinggi yakni aspek mengamati dan memprediksi sedangkan ratarata yang paling rendah yakni pada aspek mengukur. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan keterampilan dasar, siswa membangun pemahaman konsep pada saat pembelajaran terutama pada materi hukum-hukum dasar kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar, discovery learning, hukum-hukum dasar kimia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 16:45
Last Modified: 03 Aug 2020 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37696

Actions (login required)

View Item View Item