ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIKMENGGUNAKAN KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Vina Rosalina, 4301414013 (2018) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIKMENGGUNAKAN KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414013.pdf]
Preview
PDF
Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains peserta didik dalam penerapan model pembelajaran kegiatan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas XI MIPA-A menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode praktikum untuk mengetahui kemampuan proses sains peserta didik serta tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil analisis kognitif menunjukkan bahwa persentase rata-rata keterampilan proses sains peserta didik sebesar 83,15% dengan kriteria kelas tersebut memiliki keterampilan proses sains yang baik pada aspek kognitif dan hasil analisis psikomotorik menunjukkan bahwa persentase rata-rata keterampilan proses sains sebesar 78,41% dengan kriteria baik untuk aspek psikomotorik. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan rata-rata skor sebesar 30,76 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik melalui pembelajaran kegiatan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis; keterampilan proses sains; inkuiri terbimbing.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 16:41
Last Modified: 03 Aug 2020 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37695

Actions (login required)

View Item View Item