ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING
Rahayu Setianingsih, 4301414012 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Brebes tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 79 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan observasi yang dinyatakan valid oleh beberapa ahli untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa serta tanggapan guru terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukan persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori baik yakni sebesar 85,89% yang diukur melalui tes, dan 84,72% yang diukur melalui observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa indikator Basic Support memiliki nilai tertinggi dalam kemampuan berpikir kritis siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisisis garam. Sub indikator Basic Support menunjukkan hampir seluruh siswa dapat mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber dengan baik dan mendapat persentase sebesar 85,90%, yang masuk kedalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, Model inkuiri terbimbing |
Subjects: | L Education > Educational Institutions Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 16:37 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 16:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37694 |
Actions (login required)
View Item |