ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN DAN IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG


Agung Rifki Catur Setyawan , 6211415135 (2019) ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN DAN IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN DAN IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN DAN IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (904kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan modern sekarang ini, manusia tidak dapat dipisahkan dari kegiatan olahraga, baik olahraga prestasi maupun olahraga kesehatan. Dari olahraga prestasi dipengaruhi oleh empat aspek yaitu psikologi, kepribadian, biologis dan koordinasi kerja otot dan syaraf. Aspek psikologis sendiri terdiri atas intelektual dan motivasi. Intelektual sendiri ditentukan oleh pendidikan, pengalaman, dan bakat. Memaksimalkan bakat dan minat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu eksternal dari faktor sosial dan internal dari faktor kepribadian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tipe kepribadian serta mengidentifikasi bakat siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel yang akan digunakan. Sampel berjumlah 60 siswa sesuai kriteria. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner epi dan tes pengukuran bakat olahraga. Teknik analisis data melalui tahapan scoring, kemudian data yang sudah siap dianalisis dengan menggunakan teknik descreptive quantitative analysis yang meliputi mean, median, modus dengan alat pengolah data berupa SPSS. Analisis tipe kepribadian melalui instrumen berupa kusioner eysenck personality inventory dari total keseluruhan siswa berjumlah 60 siswa sesuai kriteria didapati siswa berkepribadian ekstrovert berjumlah 30 siswa dan 30 siswa berkepribadian introvert. Bakat olahraga yang dimiliki siswa ekstrovert meliputi cabang olahraga lari sprint untuk perempuan dan sepak bola untuk laki-laki, sedangkan siswa introvert memiliki bakat dicabang olahraga senam untuk perempuan dan sepak bola untuk laki-laki. Dari 60 siswa siswa bertipe kepribadian introvert dan ekstrovert lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan. Tipe kepribadian ekstrovert lebih menonjol ke bakat lari sprint dan sepak bola sedangkan intovert lebih ke olahraga senam dan sepak bola. Bagi siswa, orang tua siswa, guru, pelatih dan orang yang berpartisipasi dalam pengembangan olahraga usia dini dengan tujuan untuk mendapatkan prestasi dapat memperhatikan apakah bakat dalam olahraganya sudah tepat, karena bakat akan sangat membantu menunjang prestasi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: psikologi olahraga, olahraga usia dini, pembibitan atlet
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Aug 2020 15:47
Last Modified: 03 Aug 2020 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37693

Actions (login required)

View Item View Item