SPEKTRO-TITRIMETRIK APLIKASI SPEKTROFOTOMETER SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA


Resti Ujiningtyas, 4301414010 (2018) SPEKTRO-TITRIMETRIK APLIKASI SPEKTROFOTOMETER SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414010.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh terhadap bidang pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan terintegrasikan dalam pembelajaran seperti Smartphone berbasis android yang mudah dikembangkan. Saat ini, di beberapa SMA memperbolehkan peserta didiknya untuk membawa alat komunikasi yang dimiliki sehingga berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas. Penilitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran spektro-tirimetrik berbasis android yang layak serta mendapat tanggapan yang positif dari peserta didik dan mengetahui kemudahan serta keterbatasan media pembelajaran pada materi asam basa. Metode yang digunakan di dalam penelitian adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Spektro-titrimetrik merupakan media pembelajaran berbasis android yang digunakan untuk menggambar kurva titrasi asam basa berdasarkan intensitas warna larutan hasil titrasi asam basa yang ditangkap oleh kamera smartphone. Spektro-titrimetrik terdiri dari perangkat lunak berupa aplikasi android yang menjadi sub menu dari aplikasi Spectrophone dan perangkat keras berupa prototype spektrofotmeter. Berdasarkan penilaian validator, media pembelajaran spektro-titrimetrik yang dikembangkan sudah layak digunakan. Hal ini didasarkan pada penilaian ahli materi dan ahli media yang memberikan skor validasi rata-rata di atas 4,2. Guru memberikan tanggapan sangat baik dan 62% peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap media pembelajaran spektro-titrimetrik. Kelebihan media pembelajaran spektro-titrimetrik adalah dapat secara otomatis menentukan titik ekivalen berdasarkan titrasi asam basa yang dilakukan. Kekurangan media pembelajaran spektro-titrimetrik adalah aplikasi tidak kompatibel terhadap android versi 6.0-6.1 atau marshmallow dan hanya dapat difungsikan untuk menggambarkan kurva titrasi asam kuat dengan basa kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Spektro-tirimetrik.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 16:30
Last Modified: 03 Aug 2020 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37691

Actions (login required)

View Item View Item