SURVEI TINGKAT PENGETAHUAN MEMBER FITNESS DALAM MENGKONSUMSI SUPLEMEN PENAMBAH MASA OTOT DI SEMARANG


Abiyyu Bari Arhab , 6211415123 (2019) SURVEI TINGKAT PENGETAHUAN MEMBER FITNESS DALAM MENGKONSUMSI SUPLEMEN PENAMBAH MASA OTOT DI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI TINGKAT PENGETAHUAN MEMBER FITNESS DALAM MENGKONSUMSI SUPLEMEN PENAMBAH MASA OTOT DI SEMARANG]
Preview
PDF (SURVEI TINGKAT PENGETAHUAN MEMBER FITNESS DALAM MENGKONSUMSI SUPLEMEN PENAMBAH MASA OTOT DI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat pengetahuan adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan agar kita tidak salah melangkah untuk menentukan sesuatu hal yang akan kita lakukan. Pengetahuan yang luas sangatlah penting bagi manusia sebagai makhluk sosial, baik untuk berkomunikasi ataupun untuk memahami suatu hal yang akan dijalani. Beberapa faktor yang berkaitan dengan tingkat pengetahuan yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, paparan informasi, dan sosial budaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survey dan menggunakan angket sebagai instrumennya (berdasarkan pada sekala likert). Metode yang digunakan adalah survei berupa tes pemberian angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua member pusat kebugaran yang berada di wilayah Semarang, baik kota maupun kabupaten. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan multi sampling dengan tahapan yaitu, Cluster mengelompokkan seluruh tempat fitnes yang berada di radius 20km dari kampus UNNES, dan Purposive Sampling untuk memilih secara acak 4 tempat fitnes yang akan di jadikan objek penelitian dengan cara memilih 2 tempat fitnes dari unnes menuju ke kota dan 2 tempat fitnes dari unnes menuju ke kabupaten. Tehnik analisis data melalui tahapan scoring, kemudian data yang sudah siap, dianalisis dengan menggunakan teknik descriptive quantitative analysis yang meliputi mean, median, modus, dan persentil. SPSS versi 20.0. Hasil analisis 15% dari sampel memiliki pengetahuan yang sangat baik (sangat mengetahui), dan 45% dari sampel memiliki pengetahuan yang cukup (mengetahui), sayangnya masih banyak responden (konsumer) sebanyak 40% kurang mengetahui tentang suplemen yang dikonsumsinya. Bagi masyarakat umum yang menyukai dunia olahraga khususnya yang bergiat dalam fitness dan mengkonsumsi suplemen, disarankan agar mempertimbangkan resiko yang akan terjadi, dampak positif dan negatif, manfaat suplemen yang dikonsumsi , karena dampak yang akan terjadi pada tubuh kita bukan suatu hal yang bisa dianggap remeh jika kita tidak mengetahui tata cara konsumsi suplemen yang baik dan benar, alangkah baiknya melakukan survey melalui media apapun yang dapat dipertanggungjawabkan sebelum mengkonsumsi suplemen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fitness industry, hypertrophy otot, self education, healthy lifestyle
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Aug 2020 15:12
Last Modified: 03 Aug 2020 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37689

Actions (login required)

View Item View Item