MODIFIKASI BOLA PETANQUE (BOKAVIA) DENGAN MEDIA KAYU UNTUK ANAK USIA 8-10 TAHUN DI KABUPATEN JEPARA


Octavia Pratiwi Diah Ayu Pangesti , 6211415112 (2019) MODIFIKASI BOLA PETANQUE (BOKAVIA) DENGAN MEDIA KAYU UNTUK ANAK USIA 8-10 TAHUN DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODIFIKASI BOLA PETANQUE (BOKAVIA) DENGAN MEDIA KAYU UNTUK ANAK USIA 8-10 TAHUN DI KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (MODIFIKASI BOLA PETANQUE (BOKAVIA) DENGAN MEDIA KAYU UNTUK ANAK USIA 8-10 TAHUN DI KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Petanque adalah bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi (boules) sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut jack dan kedua kaki harus berada di lingkaran kecil, ada juga kompetisi khusus untuk shooting. Di Jawa Tengah bola petanque belum diperjual belikan di toko – toko olahraga secara umum oleh sebab itu kurang terjangkaunya bola petanque, dan masih belum adanya bola petanque khusus untuk anak 8 – 10 tahun membuat olahraga ini sedikit terkendala. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modifikasi bola petanque dengan media kayu untuk anak usia 8 – 10 tahun, mengetahui kelayakan dari produk, mengetahui respon anak usia 8 – 10 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan teknik analisi data deskriptif dengan menggunakan presentase. Subjek uji coba adalah siswa SD yang berusia 8 – 10 tahun dengan total subjek uji coba sebanyak 30 siswa. Uji coba skala kecil sebanyak 10 siswa dan jumlah uji coba skala besar sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk modifikasi bola petanque dengan media kayu bernama bokavia. Secara keseluruhan data hasil kelayakan menurut ahli materi petanque sebanyak 94.15%, sedangkan menurut ahli pembelajaran sebanyak 96.65% dengan kategori “sangat baik”. Data uji coba kecil secara keseluruhan adalah 87.65% dengan kategori “sangat baik”. Data ujicoba besar secara keseluruhan adalah 89.75% dengan kategori “sangat baik”. Kesimpulan penilaian produk “bokavia” adalah sangat baik untuk alternatif bola petanque bagi anak usia 8 – 10 tahun. Dalam penelitian ini perlu adanya modifikasi tentang permainan menggunakan bokavia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga Petanque, Modifikasi Bola Petanque, Bokavia
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:28
Last Modified: 03 Aug 2020 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37688

Actions (login required)

View Item View Item