ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH


Novi Puji Lestari, 4301414006 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414006.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMA N 1 Jakenan pada materi larutan penyangga dengan model pembelajaran berbasis masalah dan untuk mengetahui tanggapan peserta didik mengenai model pembelajaran berbasis masalah pada materi larutan penyangga. Metode penelitian dimulai dari penentuan sampel penelitian, melakukan proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah, pelaksanaan posttest di akhir pembelajaran, melakukan wawancara, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung skor jawaban peserta didik terhadap hasil posttest soal kemampuan pemecahan masalah dan mengelompokkan berdasarkan kualifikasi kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikategorikan dalam: a) Sangat baik sebanyak 27,50%; b) Baik sebanyak 42,50%; c) Cukup sebanyak 27,50%; d) Kurang sebesar 2,50%. Hasil angket yang telah diberikan kepada peserta didik memberikan respon yang baik terhadap penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan persentase 72,60% yang termasuk kategori tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu peserta didik SMA N 1 Jakenan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik serta memberikan respon yang baik terhadap penerapan pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:29
Last Modified: 03 Aug 2020 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37686

Actions (login required)

View Item View Item