PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Nur Fitriani Sutarto, 4301414004 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414004.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 merupakan model pembelajaran saintifik. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk berperan aktif selama pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa selama proses belajar mandiri dan mampu mampu meningkatkan peran siswa dalam menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKS berbasis kontekstual (2) mengetahui keefektifan LKS terhadap peningkatan hasil belajar siswa, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Validasi desain LKS dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui tingkat kelayakan sebelum produk tersebut ditujukan pada siswa. Uji skala produk tahap pertama dilakukan terhadap 10 siswa kelas XI. Uji coba tahap kedua mengambil XI MIPA 2 sebagai kelas uji coba 1 yang menggunakan LKS dalam pembelajaran dan XI MIPA 1 sebagai kelas uji coba 2 yang tidak menggunakan LKS dalam pembelajaran. Hasil pengembangan LKS dinyatakan layak dengan kategori sangat baik dan sangat layak diterapkan. Perhitungan N-gain dari kelas uji coba 1 sebesar 0,92, sedangkan kelas uji coba 2 sebesar 0,66. Hasil uji t'hitung (3,94) lebih dari tkritis (1,77). Hasil tersebut menunjukkan pembelajaran menggunakan LKS memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Rata-rata nilai afektif kelas uji coba 1 sebesar 86,99%, sedangkan kelas uji coba 2 sebesar 80,67%. Rata-rata nilai psikomotorik kelas uji coba 1 sebesar 89,41% dan kelas uji coba 2 sebesar 87,88%. Hasil keseluruhan nilai aspek afektif dan psikomotorik kelas uji coba 1 lebih besar daripada kelas uji coba 2. Hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS memiliki respon positif. Hal ini dilihat dari perolehan rerata skor yang diperoleh sebesar 2,86 dengan kriteria baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kontekstual; LKS
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:18
Last Modified: 03 Aug 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37681

Actions (login required)

View Item View Item