KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SOFT SKILLSSISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REDOKS DI MAN 1 PURWOKERTO


Mijil Dewi Sukma Ratri, 4301414001 (2018) KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SOFT SKILLSSISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REDOKS DI MAN 1 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414001.pdf]
Preview
PDF
Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan proses sains dan soft skills siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Purwokerto. Sampel yang digunakan sebanyak satu kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-experimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-shot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keterampilan proses sains dan soft skills. Analisis korelasi antara keterampilan proses sains dan soft skills dengan hasil belajar kognitif. Hasil rata-rata keterampilan proses sains siswa sebesar 75,68% dengan kategori baik. Hasil belajar kognitif siswa sebesar 77,73% dengan kategori baik. Hasil soft skills siswa sebesar 74,47% dengan kategori baik. Korelasi parsial antara keterampilan proses sains (X1) dengan hasil belajar kognitif siswa (Y) diperoleh sebesar 0,1733 atau 17,33% dengan kategori sangat rendah, sedangkan korelasi parsial antara soft skills (X2) dengan hasil belajar kognitif siswa (Y) diperoleh sebesar 0,1466 atau 14,66% dengan kategori sangat rendah. Korelasi parsial antara keterampilan proses sains (X1) dengan soft skills (X2) diperoleh sebesar 0,9184 atau 91,84% dengan kategori sangat kuat. Korelasi ganda antara keterampilan proses sains (X1) dan soft skills (X2) dengan hasil belajar kognitif siswa (Y) diperoleh sebesar 0,1762 atau 17,62% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat mengembangkan keterampilan proses sains dan soft skills siswa dengan baik namun berkorelasi sangat rendah pada hasil belajar kognitif pada materi redoks di MAN 1 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Soft Skills; Inkuiri Terbimbing.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:15
Last Modified: 03 Aug 2020 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37678

Actions (login required)

View Item View Item