DESAIN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM MATERI KOLOID BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA


Ziyyana Walida, 4301413106 (2018) DESAIN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM MATERI KOLOID BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301413106.pdf]
Preview
PDF
Download (567kB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Salah satu bentuk pembelajaran aktif itu adalah praktikum. Praktikum sebagai salah satu bentuk kegiatan pembelajaran tidaklah terlepas dari penilaian yang merupakan bagian dari rangkaian suatu proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian praktikum berorientasi CEP untuk mengukur keterampilan laboratorium siswa yang layak, efektif, dan mendapat tanggapan positif dari observer dan guru kimia. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development dengan menggunakan tahap Define, Design, dan Develop. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bae Kudus. Analisis data penelitian menggunakan teknik kuantitatif. Berdasarkan data kuantitatif, instrumen penilaian praktikum dinyatakan valid dan reliabel. Hasil validasi terhadap instrumen penilaian praktikum berorientasi CEP didapatkan rerata skor 44 yang termasuk dalam kriteria baik. Instrumen penilaian praktikum dinyatakan reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,77. Instrumen penilaian praktikum dinyatakan efektif karena 100% keterampilan laboratorium siswa berada pada kategori sangat tinggi. Pada penelitian ini, instrumen penilaian praktikum ini mendapat tanggapan positif dari observer dan guru kimia baik pada uji skala kecil maupun pada uji skala besar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaan praktikum materi koloid berorientasi CEP untuk mengukur keterampilan laboratorium siswa dinyatakan layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, efektif, dan mendapat tanggapan positif dari observer dan guru kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemo-entrepreneurship; Instrumen Penilaian Praktikum; Keterampilan Laboratorium
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:10
Last Modified: 03 Aug 2020 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37677

Actions (login required)

View Item View Item