DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PENGAMATAN, KESADARAN AKAN SKALA DAN INFERENSI LOGIKA SISWA


Irfan Rosadi, 4301413073 (2018) DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PENGAMATAN, KESADARAN AKAN SKALA DAN INFERENSI LOGIKA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301413073.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembar kerja praktikum dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Pengembangan keterampilan siswa tidak hanya keterampilan kerja ilmiah di laboratorium, namun gabungan antara keterampilan kerja ilmiah dan keterampilan berpikir ilmiah yang disebut keterampilan generik sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, keterbatasan dan keunggulan dari lembar kerja praktikum titrasi asam basa berbasis keterampilan generik sains. Desain penelitian ini adalah Research and Development dengan tahapan Define, Design, dan Development. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Demak pada kelas XI IPA 1. Data penelitian yang diperoleh berupa hasil validasi oleh media, angket tanggapan siswa, hasil pre-test dan post-test, serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan lembar kerja praktikum titrasi asam basa yang digunakan sangat layak dengan perolehan rata-rata skor sebesar 89,6% dan tahap uji skala kecil presentase ≥75%. Lembar kerja praktikum titrasi asam basa efektif digunakan dengan hasil belajar siswa secara ketuntasan klasikal sebesar 97,4% dan n-gain sebesar 0,67. Keterbatasan lembar kerja praktikum terletak pada bahasa yang disajikan dengan persentase 78% dan keunggulan lembar kerja praktikum pada permasalahan yang disajikan dengan persentase 88%. Kemampuan keterampilan generik sains siswa secara keseluruhan berdasarkan penilaian keterampilan untuk keterampilan generik sains pengamatan, kesadaran akan skala, dan inferensi logika berturut-turut yaitu 83,75%; 82,25%; dan 78,50% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja praktikum titrasi asam basa berbasis keterampilan generik sains layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan generik sains, lembar kerja praktikum, titrasi asam basa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:05
Last Modified: 03 Aug 2020 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37676

Actions (login required)

View Item View Item