PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI


Kholida Handayani, 4301411122 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411122.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang pada bulan Maret 2018 – September 2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling , karena populasi berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only group design. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji perbedaan dua rata-rata, koefisien korelasi, dan penentuan koefisien determinasi, analisis diskriptif hasil belajar afektif dan psikomotorik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji perbedaan dua rata-rata memperlihatkan thitung hasil belajar siswa adalah 3,422. Perhitungan koefisien korelasi menghasilkan nilai koefisien korelasi biserial hasil belajar sebesar 0,51. Sedangkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan penerapan pembelajaran contexstual teaching and learning berkontribusi sebesar 26,01%. Hasil observasi afektif dan psikomotorik menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 13:50
Last Modified: 03 Aug 2020 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37670

Actions (login required)

View Item View Item