PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI KIMIA KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF DAN SOFT SKILLS SISWA MAN 1 KOTA MAGELANG


Avin Karunia, 4301411084 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI KIMIA KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF DAN SOFT SKILLS SISWA MAN 1 KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411084.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang kurang mengasah kemampuan kognitif dan soft skills dengan maksimal karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dengan tujuan mengetahui peningkatan kognitif dan pengaruhnya terhadap soft skills siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Kota Magelang, dengan sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Penelitian ini dimulai dengan pemberian pre-test sebelum diberikan perlakuan, dan diakhiri dengan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 46,29 dan kelas kontrol sebesar 47,78. Pada hasil post-test rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 81,00 dan kelas kontrol sebesar 63,53. Uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis deskriptif soft skills kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan kemampuan komunikasi 85% siswa kriteria sangat baik, 15% siswa kriteria baik. Kemampuan berpikir kreatif 79% siswa kriteria sangat baik. 21% siswa kriteria baik. Kemampuan penyelesaian masalah 69% siswa kriteria sangat baik, 36% siswa kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kognitif dan soft skills siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek; kognitif; soft skills
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 15:51
Last Modified: 30 Jul 2020 15:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37665

Actions (login required)

View Item View Item