PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Khana Fitri Pratiwi, 4301411047 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411047.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menekankan proses belajar siswa dalam menemukan konsep baru. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik menjadikan kegiatan pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa dan memungkinkan meningkatkan hasil belajar siswa karena perkembangan per tahap siswa dapat terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pabelan, dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan sampling jenuh, yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan seluruh bagian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Penelitian ini diawali dengan pemberian perlakuan dan diakhiri dengan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai posttest ranah kognitif untuk kelas eksperimen sebesar 80,28 dan kelas kontrol sebesar 76,60. Hal ini menyimpulkan bahwa rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang dibuktikan dengan uji t, dimana rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol. Hasil ranah psikomotorik dan afektif dengan kriteria sangat baik pada kelas eksperimen lebih banyak daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing; penilaian autentik; hasil belajar.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 15:45
Last Modified: 30 Jul 2020 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37664

Actions (login required)

View Item View Item