PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Penti Cahyani, 4301411038 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411038.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang kurang mengasah kemampuan berpikir kritis dengan maksimal karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Scaffolding yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Gebog Kabupaten Kudus, dengan sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Penelitian ini dimulai dengan pemberian pre-test sebelum diberikan perlakuan, dan diakhiri dengan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar46,29 dan kelas kontrol sebesar 47,78. Pada hasil post-test rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 81,00 dan kelas kontrol sebesar 63,53.Uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis deskriptif keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan kemampuan komunikasi 85% peserta didik kriteria sangat baik, 15% peserta didik kriteria baik. Kemampuan berpikir kreatif 79% peserta didik kriteria sangat baik. 21% peserta didik kriteria baik. Kemampuan penyelesaian masalah 69% peserta didik kriteria sangat baik, 36% peserta didik kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model dengan pendekatan Scaffolding efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis proyek; pendekatan scaffolding; keterampilan berpikir kritis; hasil belajar
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 15:32
Last Modified: 30 Jul 2020 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37663

Actions (login required)

View Item View Item