PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERVISI SETS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KOMPETENSI KOLOID


Inawakrisiya Werdikasesanti, 4301411029 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERVISI SETS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KOMPETENSI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411029.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia yang menerapkan metode konvensional belum menekankan pada pembelajaran saintifik sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan kompetensi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sampai XI MIA 4 SMA Negeri 1 Juwana. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yang diperoleh yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional bervisi SETS dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian uji rata- rata nilai postest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol untuk penilaian pemecahan masalah dan kognitif. Analisis pengaruh hasil belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah di kelas eksperimen diperoleh koefisien biserial (rb) sebesar 0,029 dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 0,08%. Hasil deskriptif penilaian sikap siswa (afektif) dan keterampilan laboratorium (psikomotorik) menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan kompetensi koloid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), SETS.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 15:13
Last Modified: 30 Jul 2020 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37661

Actions (login required)

View Item View Item