PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI PRAKTIKUM PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA


Nungki Shahna Ashari, 4301414047 (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI PRAKTIKUM PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301313047.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh berlakunya kurikulum 2013 yang mengutamakan peserta didik yang aktif. Harapan dari kurikulum 2013 adalah hasil belajar peserta didik meningkat baik pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pada kenyataannya pelaksanaan kurikulum 2013 belum maksimal sehingga hasil belajar masih rendah terutama pada matei hukum-hukum dasar kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terintegrasi praktikum pada hasil belajar peserta didik materi hukum-hukum dasar kimia. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan teknik pengambilan sampel secara acak. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan secara signifikan dapat diterima. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terintegrasi praktikum pada hasil belajar peserta didik materi hukum-hukum dasar kimia. Hal ini ditunjukkan thit sebesar 4,4 ternyata lebih besar dari ttab yaitu 2 dengan taraf kesalahan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk= n1 + n2 – 2 = 64. Hasil analisis pengaruh antar variabel, didapatkan koefisisen korelasi biserialnya sebesar 0,7814. Artinya, terdapat pengaruh yang kuat dari model discovery learning terintegrasi praktikum pada hasil belajar peserta didik materi hukum-hukum dasar kimia. Bersarnya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dihitung dengan koefisien determinasi. Dari hasil perhitungan, didapatkan besar pengaruh model discovery learning terintegrasi praktikum pada hasil belajar peserta didik materi hukum-hukum dasar kimia sebesar 61,06 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery, praktikum, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 15:01
Last Modified: 30 Jul 2020 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37659

Actions (login required)

View Item View Item