PEMODELAN SEL SURYA FILM TIPIS ZnO/CdS/CdTe MENGGUNAKAN AFORS-HET : PENGARUH KETEBALAN CdS DAN TEMPERATUR DEVAIS TERHADAP PERFORMANSI SEL SURYA


Priyandika Dwi Rizaldi, 4211414030 (2018) PEMODELAN SEL SURYA FILM TIPIS ZnO/CdS/CdTe MENGGUNAKAN AFORS-HET : PENGARUH KETEBALAN CdS DAN TEMPERATUR DEVAIS TERHADAP PERFORMANSI SEL SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211414030.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki intensitas matahari lebih tinggi dari negara lain. Salah satu cara memanfaatkan keunggulan tersebut adalah dengan teknologi sel surya. Sel surya yang sekarang sedang dikembangkan adalah sel surya heterojunction CdS/CdTe. Performansi sel surya dapat ditingkatkan dengan optimasi ketebalan emitor dan optimasi temperatur devais. Untuk meminimalisir kerugian dalam pembuatan sel surya, dilakukan simulasi sel surya untuk mendapatkan parameter yang sesuai. Pada penelitian ini dilakukan simulasi sel surya ZnO/CdS/CdTe menggunakan software AFORS-HET dengan variasi ketebalan CdS dan variasi temperatur devais. Variasi ketebalan CdS yang digunakan adalah 50 nm - 10 μm dan variasi temperatur devais yang digunakan adalah 270 K – 310 K. Simulasi I-V dilakukan untuk mengetahui sifat kelistrikan sel surya. Hasil simulasi menunjukkan grafik hubungan antara arus dan tegangan, yang selanjutnya dibutuhkan dalam perhitungan daya keluaran, FF, dan efisiensi. Variasi ketebalan CdS memberikan pengaruh terhadap keluaran. Pada temperatur ruang, semakin tinggi ketebalan CdS nilai Jsc dan Voc semakin menurun dan menyebabkan daya maksimal yang dihasilkan sel surya rendah. Pmax tertinggi saturasi pada ketebalan 50 – 100 nm yaitu 0,032 W/cm2. Perbandingan daya keluaran dan daya masukan menghasilkan nilai efisiensi. Nilai efisiensi sel surya ZnO/CdS/CdTe tertinggi ada pada ketebalan CdS 50 – 100 nm yaitu 32 %, dan efisiensi terendah pada ketebalan CdS 10 μm uaitu 6,7 %. Variasi temperatur devais memberikan pengaruh terhadap data keluaran sel surya. Semakin tinggi temperatur devais, maka nilai Jsc dan Voc semakin menurun dan menyebabkan daya keluaran pada sel surya rendah. Sel surya ZnO/CdS/CdTe dengan ketebalan CdS 50 nm didapatkan nilai Pmax tertinggi pada temperatur devais 270 K yaitu 0,0336 W/cm2. Nilai efisiensi tertinggi sel surya ZnO/CdS/CdTe dengan ketebelan CdS 50 nm ada pada temperatur devais 270 K yaitu 33,6 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sel surya ZnO/CdS/CdTe, Ketebalan CdS, Temperatur devais, Performansi sel surya
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 14:11
Last Modified: 30 Jul 2020 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37648

Actions (login required)

View Item View Item