DISPERSI TITANIUM DIOKSIDA DENGAN CARBON DOTS DARI MINYAK JELANTAH SEBAGAI BAHAN FOTOKATALIS UNTUK DEKOMPOSISI LIMBAH PEWARNA CAIR


Retno Intan, 4211414027 (2018) DISPERSI TITANIUM DIOKSIDA DENGAN CARBON DOTS DARI MINYAK JELANTAH SEBAGAI BAHAN FOTOKATALIS UNTUK DEKOMPOSISI LIMBAH PEWARNA CAIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211414027.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencemaran limbah zat cair menjadi salah satu masalah yang perlu mendapatkan penanganan. Salah satu solusi menggunakan teknik fotokatalis dengan bahan Titanium dioksida (TiO2) yang telah banyak digunakan. Kelemahan TiO2 tidak bisa mengapung sehingga perlu di-dispersi dengan material yang densitasnya di bawah air. C-Dots minyak jelantah memiliki densitas di bawah air dan dihasilkan dari proses pemansan pada temperatur 300°C selama 2 jam. Dispersi TiO2 dengan variasi massa 0,1gram, 0,2 gram, 0,3 gram, 0,4 gram dan 0,5 gram dengan C-Dots minyak jelantah 20 ml dan diukur densitasnya di bawah 1 gr/cm3 sehingga mampu mengapung diatas air. Uji fotokatalis TiO2/C-Dots untuk dekomposisi limbah pewarna cair menggunakan variasi dispersi massa TiO2, lama penyinaran dibawah sinar matahari, fraksi TiO2/C-Dots, dan konsentrasi larutan methylene blue. Analisis hasil uji fotokatalis menggunakan spektrum absorbansi dan intensitas cahaya yang diserap. Hasil proses fotokatalis menunjukkan adanya perubahan warna pada methylene blue dari warna biru pekat hingga tidak berwarna. Pengukuran spektrum absorbansi menunjukkan nilai puncak serapan methylene blue semakin menurun. Hasil spektrum absorbansi TiO2/C-Dots mnegalami penurunan degradasi tercepat dan dengan nilai puncak serapan paling rendah pada variasi massa TiO2 0,5 gram dan lama penyinaran 24 jam. Volume optimum TiO2/C-Dots pada volume 10 ml untuk larutan methylene blue 800 ml dan hasil intensitas menunjukkan semakin lama penyinaran panas matahari semakin banyak cahaya yang diserap oleh elektron maka semakin banyak terbentuknya hole. Hal tersebut disebabkan pada saat proses fotokatalis terjadi pengaktifan oleh energi foton untuk mengeksitasi elektron dan terjadi hole sehingga berlangsung proses fotodegradasi senyawa methylene blue.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TiO2, C-Dots, fotokatalis, limbah, degradasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Jul 2020 13:59
Last Modified: 30 Jul 2020 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37645

Actions (login required)

View Item View Item