Pengembangan Modul IPA Terpadu Bervisi Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Tema Ekosistem


Esmiyati , - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia and Eling Purwantoyo, - (2013) Pengembangan Modul IPA Terpadu Bervisi Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Tema Ekosistem. Unnes Science Education Journal, 2 (1). pp. 180-187. ISSN 2252-6609

[thumbnail of Pengembangan Modul IPA Terpadu Bervisi Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Tema Ekosistem]
Preview
PDF (Pengembangan Modul IPA Terpadu Bervisi Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Tema Ekosistem) - Published Version
Download (272kB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengembangan_Modul_IPA_Terpadu_Bervisi_SETS.pdf]
Preview
PDF
Download (884kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 2 Pucakwangi menunjukkan bahwa pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara terpadu. Diantara penyebab para guru belum membelajarkan IPA secara terpadu adalah belum tersedianya bahan ajar terpadu, artinya bahan ajar IPA yang digunakan belum membahas materi dari aspek fisika, kimia, dan biologi. Bahan ajar adalah bahan (materi) yang digunakan guru atau siswa dalam pembelajaran, salah satunya berupa modul. Pada penelitian ini dikembangkan modul tema ekosistem dengan menerapkan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul IPA terpadu bervisi SETS pada tema ekosistem yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar di SMP. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan melalui tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi, revisi, dan tahap uji coba. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII. Hasil penilaian pakar terhadap modul yang dikembangkan mencapai 88,34%, tanggapan siswa mencapai 99,47% dan semua siswa (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan (75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Integrated Science; Modules; SETS.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 13:46
Last Modified: 30 Jul 2020 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37642

Actions (login required)

View Item View Item