Analisis Kemampuan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Dan Project Based Learning


Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia and Sri Wardani, MIPA Pendidikan Kimia and Agung Tri Prasetya, - (2018) Analisis Kemampuan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Dan Project Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12 (1). pp. 2086-2096. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Analisis Kemampuan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Dan Project Based Learning]
Preview
PDF (Analisis Kemampuan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Dan Project Based Learning) - Published Version
Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Review_Analisis_Kemampuan_Penyusunan_Lembar_Kerja_Siswa_Berbasis_Problem.pdf]
Preview
PDF
Download (903kB) | Preview

Abstract

Pendampingan parsipatoris ditujukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui penyusunan RPP dan LKS-kontruktivis berbasis Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Penelitian deskriptif ini diikuti 12 guru kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta sebagai responden yang mewakili 146 guru kimia MGMP kota Semarang. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan pendampingan praktek penyusunan RPP dan LKS-kontruktivis. Hasil LKS diterapkan melalui lesson study yang diikuti 5-7 orang guru dari SMA yang berbeda. Secara umum para guru masih kesulitan menggabungkan konten materi secara mendalam dengan model PBL dan PjBL, sehingga membutuhkan pendampingan lebih seksama karena setiap meteri memiliki karakteristik yang berbeda. Kesulitan utama pada LKS berbasis PjBL terletak pada penulisan pertanyaan mendasar, diikuti langkah memasukkan materi secara konstruktivis sebelum pelaksanaan proyek. Hasil yang hampir sama untuk PBL adalah penulisan fase 1 yaitu mengorientasi siswa pada masalah, dan fase 2 mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah melalui pertanyaan pengarah. Untuk kedua model tersebut, para guru mengalami kesulitan dalam memfasilitasi agar siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Antusiasme dan rasa ingin tahu para guru terkait mengintegrasikan aspek konstruktivis ke dalam model PBL dan PjBL tampak pada tahap refleksi untuk setiap lesson study. Didasarkan hasil LKS dan hasil lesson study, serta wawancara dengan beberapa guru teridentifikasi bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan kemauan para guru dalam menuliskan RPP dan LKS konstruktivis berbasis PBL dan PjBL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: problem based learning, project based learning, konstruktivis, lembar kerja siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 13:35
Last Modified: 30 Jul 2020 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37638

Actions (login required)

View Item View Item