Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Contextual Teaching Learning Berbantuan Study Card


Ida Fahru Roziyah, - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia (2017) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Contextual Teaching Learning Berbantuan Study Card. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (1). pp. 1828-1839. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Contextual Teaching Learning Berbantuan Study Card]
Preview
PDF (Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Contextual Teaching Learning Berbantuan Study Card) - Published Version
Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Review_Peningkatan_Motivasi_dan_Hasil_Belajar_melalui_Uji_Contextual.pdf]
Preview
PDF
Download (895kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan study card di SMA Negeri 1 Kudus. Pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa meliputi konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus. Metode pengumpulan data berupa tes kognitif berupa pilhan ganda, lembar observasi, dokumentasi dan angket. Peningkatan motivasi diukur melalui angket. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, secara klasikal ketuntasan belajar kognitif siswa pada siklus I, II dan III adalah 29,412%, 50% dan 73,529%. Hasil aktivitas siswa saat pembelajaran dari siklus I, II, dan III adalah 52,921%, 88,235% dan 100% dengan kriteria baik. Hasil belajar sikap siswa saat pembelajaran pada siklus I, II, dan III adalah 47,059%, 64,706% dan 100% dengan kriteria baik. Hasil peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I, II, dan III adalah 44,118%, 64,706% dan 82,535%. Analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar kognitif, aktivitas, sikap, dan motivasi belajar siswa. Tanggapan siswa terhadap pembelajaranyang diterapkanmateri reaksi redoks mendapatkan tanggapan positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan study card dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kudus

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, hasil belajar, study card
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 13:16
Last Modified: 30 Jul 2020 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37628

Actions (login required)

View Item View Item