PENGARUH PEMBERIAN WHEY PROTEIN TERHADAP KADAR ERITROSIT PADA TIKUS YANG DIRENANGKAN SAMPAI KELELAHAN


Asfat Mohsin , 6211415007 (2019) PENGARUH PEMBERIAN WHEY PROTEIN TERHADAP KADAR ERITROSIT PADA TIKUS YANG DIRENANGKAN SAMPAI KELELAHAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PEMBERIAN WHEY PROTEIN TERHADAP KADAR ERITROSIT PADA TIKUS YANG DIRENANGKAN SAMPAI KELELAHAN]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBERIAN WHEY PROTEIN TERHADAP KADAR ERITROSIT PADA TIKUS YANG DIRENANGKAN SAMPAI KELELAHAN) - Published Version
Download (973kB) | Preview

Abstract

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan manusia, yang berfungsi membangun otot dan jaringan tubuh. Whey protein terbagi menjadi tiga bentuk yaitu : powder, concentrate, dan isolate. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengaruh pemberian whey protein terhadap kadar eritrosit pada tikus yang direnangkan sampai kelelahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental desain dengan randomized post-test only controlled group design, dibagi menjadi 4 kelompok, kelompok 1 (kontrol), kelompok 2 (latihan renang), kelompok 3 (latihan renang dengan diberi whey protein 2,05 g/kgBB), dan kelompok 4 (latihan renang dengan diberi whey protein 4,1 g/kgBB). Subjek penelitian yakni tikus putih (rattus norvegicus) yang diberi aktivitas renang (renang sampai tikus mengalami kelelahan) dan whey protein diberikan setiap hari sesudah melakukan latihan renang, darah diambil pada hari ke 15. Lokasi penelitian dilaksanan di Laboratoriun jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Analisis hasil di Laboratorium uji Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian studi pengaruh pemberian whey protein terhadap kadar eritrosit pada tikus yang direnangkan sampai kelelahan, rata-rata jumlah eritrosit pada kelompok kontrol sebesar 9,36 ± 8,46, kelompok perlakuan 1 sebesar 7,31 ± 2,36, kelompok perlakuan 2 sebesar 7,84 ± 2,54, dan kelompok perlakuan 3 sebesar 9,23 ± 7,09, dengan nilai p=0,000. Mendapatkan hasil bahwa pemberian whey protein selama 14 hari dapat meningkatkan jumlah eritrosit saat mengalami kelelahan, dengan takaran whey protein 4,1 g/kgBB. Simpulan hasil penelitian studi tentang pengaruh pemberian whey protein terhadap kadar eritrosit pada tikus yang direnangkan sampai kelelahan yaitu Pemberian whey protein dengan dosis 2,05 g/kgBB dan 4,1 g/kgBB pada tikus dapat meningkatkan jumlah eritrosit. Saran diharapkan Bagi penelitian selanjutnya, hasil dari penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan dasar untuk penelitian lanjutan yang relevan, dengan memperhatikan kelemahan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Whey protein, eritrosit, dan aktivitas fisik
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Jul 2020 13:15
Last Modified: 30 Jul 2020 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37627

Actions (login required)

View Item View Item