Pengembangan Asesmen Autentik Berbasis Inkuiri Pada Materi Klasifikasi Benda


Setya Triamijaya , - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia (2015) Pengembangan Asesmen Autentik Berbasis Inkuiri Pada Materi Klasifikasi Benda. Unnes Science Education Journal, 4 (2). pp. 927-935. ISSN 2252-6617

[thumbnail of Pengembangan Asesmen Autentik Berbasis Inkuiri Pada Materi Klasifikasi Benda]
Preview
PDF (Pengembangan Asesmen Autentik Berbasis Inkuiri Pada Materi Klasifikasi Benda) - Published Version
Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengembangan_Asesmen_Autentik_berbasis_Inkuiri_pada.pdf]
Preview
PDF
Download (845kB) | Preview

Abstract

Asesmen autentik pembelajaran IPA kurikulum 2013 mencakup penilaian baik dalam proses dan hasil pembelajaran yang meliputi penilaian aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan asesmen autentik berbasis inkuiri pada materi klasifikasi benda serta profil hasil belajar siswa.Langkah awal pada penelitian ini dimulai dengan observasi. Hasil observasi menunjukkan, guru masih mengacu pada penilaian tugas akhir yang diperoleh siswa untuk ranah kognitif dan belum mengembangkan penilaian afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan asesmen autentik berbasis inkuiri. Desain penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan uji coba skala kecil pada kelas VII, Uji coba skala besar pada VIIB dan uji pemakaian pada kelas VII A SMP Kristen 1 Blora. Berdasarkan hasil validasi dari pakar asesmenmemperoleh presentase sebesar 89,13% dan untuk bahasa memperoleh presentase sebesar 90,10% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket tanggapan siswa dan guru pada uji coba produk memperoleh skor presentase sebesar 82,7% dan 90% dengan kriteria sangat layak, maka asesmen autentik berbasis inkuiri dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan klasikal lebih dari 85% siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Authentic Assessment, Inquiry, Learning Outcomes Profile
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 12:39
Last Modified: 30 Jul 2020 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37621

Actions (login required)

View Item View Item