Pengembangan Alat Peraga Ipa Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains


Dharis Dwi Apriliyanti , - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia and Arif Widiyatmoko, - (2015) Pengembangan Alat Peraga Ipa Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Education Journal, 4 (2). pp. 835-841. ISSN 2252-6617

[thumbnail of Pengembangan Alat Peraga Ipa Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains]
Preview
PDF (Pengembangan Alat Peraga Ipa Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains) - Published Version
Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengembangan_Alat_Peraga_IPA_Terpadu_pada_Tema.pdf]
Preview
PDF
Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga IPA terpadu terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada tema pemisahan campuran. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan subjek penelitian guru IPA dan siswa kelas VII SMP N 1 Kembang. Instrumen yang digunakan meliputi tes, angket, wawancara, lembar validasi dan lembar observasi. Data yang dianalisis berupa hasil validasi pakar dan hasil penerapan dalam pembelajaran. Hasil analisis validasi pakar menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian pakar materi maupun alat peraga dengan persentase rata-rata sebesar 96,25% dan 87,50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan mampu meningkatkan KPS siswa, dengan nilai N-gain mencapai 0,71 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Peningkatan KPS tertinggi terjadi pada indikator mengamati sedangkan terendah pada indikator berkomunikasi. Hasil belajar menggunakan alat peraga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 0% siswa tuntas KKM pada pretest menjadi 85,19% pada posttest. Data observasi sikap ilmiah siswa menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga dapat merangsang keaktifan siswa dengan persentase 55,56% siswa sangat aktif dan 44,44% siswa aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan telah memberi kesempatan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan meningkatkan motivasi belajar karena dihubungkan dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, KPS, Pemisahan Campuran
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 12:33
Last Modified: 30 Jul 2020 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37620

Actions (login required)

View Item View Item