Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep


Faizah, - and S. S. Miswadi, - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (3). pp. 120-128. ISSN 2339-1286

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep]
Preview
PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep) - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengembangan_Perangkat_Pembelajaran_Berbasis_Masalah_untuk_Meningkatkan_Softskill_dan_Pemahaman_Konsep.pdf]
Preview
PDF
Download (806kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, peningkatan soft skill dan pemahaman konsep, serta respon siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan rata-rata skor sebesar 3,57, adanya peningkatan soft skill siswa dengan N-Gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang, sebanyak 72,72% siswa mencapai ketuntasan soft skill dengan kriteria tinggi atau sangat tinggi, pemahaman konsep siswa juga meningkat dengan perolehan N-Gain sebesar 0,69 dalam kategori sedang, sebanyak 84,85% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 76, serta siswa memberikan respon positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Concepts Understanding; Development of Problem-based Learning Tools; Soft Skills
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 11:46
Last Modified: 30 Jul 2020 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37614

Actions (login required)

View Item View Item