Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Fisika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri


Amalia Kikin Widyasari, 4201415092 (2019) Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Fisika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis kearifan lokal dalam penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dengan keterampilan proses sains siswa dengan bantuan LKS berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep digunakan uji N-gain, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains siswa digunakan lembar angket. Hubungan antara penguasaan konsep dengan keterampilan proses sains siswa digunakan uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana. Penelitian dilakukan di dua kelas di SMA Negeri 2 Grabag Kabupaten Magelang. Pada kelas A materi yang diajarkan adalah kamera dan lup. Pada kelas B materi yang diajarkan adalah mata, mikroskop, dan teropong. Setelah dilakukan pretest data diuji normalitasnya untuk mengetahui data yang diperoleh normal ataupun tidak. Lebih lanjut pengukuran peningkatan penguasaan konsep dapat dilihat dari nilai N-gain. Untuk kelas A diperoleh N-gain sebesar 0,51 sedangkan untuk kelas B diperoleh nilai N-gain sebesar 0,38. Peningkatan keterampilan proses sains siswa dilihat dari angket penilaian diri sendiri dan penilaian teman sebaya. Dari pertemuan pertama menuju pertemuan kedua menunjukkan peningkatan, baik untuk kelas A maupun kelas B. Selain dilihat dari angket, kemampuan C6 dalam penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dapat dilihat dari nilai tugas akhir yang dikerjakan oleh siswa. LKS berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Pada kelas A, tidak terdapat hubungan antara penguasaan konsep dengan keterampilan proses sains. Dapat dilihat dari uji korelasi product moment dimana nilai signifikansi >0,05 dan nilai t hitung < t tabel. Pada uji regresi linear sederhana, dihasilkan bahwa antara penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa di kelas A tidak saling mempengaruhi, dengan didukung hasil uji regresi linear sederhana dimana nilai signifikasni > 0,05 dan nilai t hitung < t tabel. Hubungan antara penguasaan konsep dengan keterampilan proses sains siswa terjadi pada kelas B. Setelah dilakukan uji korelasi product moment menghasilkan nilai signifikansi <0,05 dan nilai t hitung > t tabel. Dari uji regresi linear sederhana didapatkan nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel, sehingga antara penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa terdapathubungan. Antara penguasan konsep dan keterampilan proses sains saling mendukung. Dengan perlakukan yang sama, baik metode belajar yang digunakan dan sumber belajar ternyata menghasilkan luaran hasil penelitian yang berbeda. Salah satunya dikarenakan adanya perbedaan lingkungan dan teman belajar yang dialami siswa. Akan tetapi penggunaan LKS berbasis kearifan lokal baik untuk kelas A dan kelas B terdapat kesamaan bahwa adanya peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa. LKS berbasis kearifan lokal yang mengintegrasikan kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar menjadi salah satu faktor peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, kearifan lokal, penguasaan konsep, keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing, ADDIE
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 17:23
Last Modified: 29 Jul 2020 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37610

Actions (login required)

View Item View Item