PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS MULTI REPRESENTASI BAGI SISWA SMA PADA MATERI GERAK LURUS


Siti Mufiatunnikmah, 4201415088 (2019) PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS MULTI REPRESENTASI BAGI SISWA SMA PADA MATERI GERAK LURUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberlakuan Kurikulum 2013 dalam sistem pembelajaran di sekolah yang salah satunya mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill) berdampak pada perubahan paradigma penilaian pembelajaran. Berpikir kreatif merupakan salah satu aspek berpikir tingkat tinggi. Instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya adalah instrumen penilaian berbentuk multi representasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan angka kualitas instrumen penilaian berpikir kreatif berbasis multi representasi bagi siswa SMA pada materi gerak lurus yang disusun; mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif siswa; dan memperoleh pola penguasaan konsep gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). Subyek uji coba yaitu siswa SMA yang telah mempelajari materi gerak lurus di SMA Negeri dengan akreditasi A. Analisis data berupa uji validitas instrumen oleh ahli; uji kualitas instrumen secara empiris untuk memperoleh angka kualitas berupa validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda butir soal; angket respon siswa terhadap sajian tes; profil kemampuan berpikir kreatif; dan pola penguasaan konsep gerak lurus. Hasil analisis menunjukkan 69,44% dari soal yang dibuat memiliki kriteria valid dan reliabilitas tinggi dengan nilai 0,879. Proporsi taraf kesukaran soal yang diperoleh belum ideal yaitu 56% soal berkategori sukar dan 44% sedang/cukup. Daya beda soal ada di angka 32% soal berdaya beda baik, 40% cukup, dan 28% jelek. Profil kemampuan berpikir kreatif rata-rata berada pada kategori kurang kreatif. Pola penguasaan konsep gerak lurus siswa berdasarkan mode representasinya dimulai dari yang paling sulit ke yang lebih mudah adalah soal representasi grafik, verbal, matematis, dan gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, berpikir kreatif, dan multi representasi
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 17:19
Last Modified: 29 Jul 2020 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37609

Actions (login required)

View Item View Item