ANALISIS PROFIL PEMAHAMAN KONSEP DAN MODEL MENTAL SISWA DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG PADA MATERI INTERFERENSI DAN DIFRAKSI CAHAYA


Wafi Lutfia, 4201415086 (2019) ANALISIS PROFIL PEMAHAMAN KONSEP DAN MODEL MENTAL SISWA DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG PADA MATERI INTERFERENSI DAN DIFRAKSI CAHAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika di sekolah umumnya masih bersifat mekanis yaitu dengan siswa diminta untuk mengerjakan soal sesuai dengan rumus yang tertulis di buku paket, LKS atau berdasarkan rumus yang telah diberikan langsung oleh guru, sehingga pemahaman konseptualnya diabaikan. Padahal dalam menyelesaikan soal diperlukan pemahaman konseptual dan prosedural secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep dan miskonsepsi siswa serta mengidentifikasi gambaran model mental siswa dalam menjelaskan fenomena interferensi dan difraksi cahaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Kesatrian 2 Semarang dan sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes diagnostik three tiers multiple choices serta wawancara semi terstruktur. Hasil dari observasi awal, tes dan wawancara dianalisis untuk mengetahui profil pemahaman konsep dan model mental siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Kesatrian 2 Semarang pada materi interferensi dan difraksi cahaya termasuk dalam kategori paham konsep sebesar 30%, miskonsepsi 48% dan tidak paham konsep 22%. Profil model mental siswa berdasarkan kategori tingkatan Ifenthaler dalam menjelaskan materi interferensi dan difraksi cahaya termasuk pada tingkatan surface. Sedangkan tipe model mental berdasarkan tipe Sendur yaitu model mental ilmiah yang dimiliki siswa hanya mencapai 2,38%. Sisanya sebanyak 97,62% tergolong model mental alternatif. Terdiri atas 4,76% model mental tipe NR (No Response), 41,67% model mental tipe SM (Specific Misconceptions), dan 48,81% model mental tipe PC (Partially Correct).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, model mental, interferensi dan difraksi cahaya
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 17:14
Last Modified: 29 Jul 2020 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37608

Actions (login required)

View Item View Item