IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA


Febri Heni Masfufah, 4201415066 (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SMP N 3 Karanglewas menunjukkan bahwa rata-rata literasi sains siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran inovatif untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) bermuatan etnosains pada pembelajaran fisika terhadap literasi sains siswa serta mengetahui besar peningkatannya. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling di SMP N 3 Karanglewas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 30 siswa. Aspek literasi sains yang diteliti adalah aspek pengetahuan (knowledge), konteks (context), kompetensi (competencies), dan sikap (attitudes). Instrumen yang digunakan berupa angket respon siswa, lembar observasi, perangkat pembelajaran, pretest dan posttest. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji t, uji N-gain, dan perhitungan rata-rata aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai literasi sains pada kelas sampel sebesar 77,57. Implementasi pendekatan CTL bermuatan etnosains pada pembelajaran fisika mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa sebesar 0,583 yang masuk dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) bermuatan etnosains pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL, etnosains, literasi sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 17:06
Last Modified: 29 Jul 2020 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37606

Actions (login required)

View Item View Item