ANALISIS GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MEREPRESENTASIKAN DIAGRAM BEBAS BENDA PADA MATERI HUKUM NEWTON


Puji Asih, 4201415064 (2019) ANALISIS GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MEREPRESENTASIKAN DIAGRAM BEBAS BENDA PADA MATERI HUKUM NEWTON. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 4201415064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran fisika yang tertuang dalam kurikulum 2013. Sebagian besar peserta didik membuat kesalahan dalam memecahkan masalah dikarenakan tidak mampu melibatkan multirepresentasi. Materi Hukum Newton memerlukan kemampuan representasi diagram bebas benda karena dapat membantu peserta didik dalam mengidentifikasi gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda, menyelesaikan masalah Hukum Newton dan mengkontruksi persamaan matematis. Setiap peserta didik mempunyai karakteristik gaya berpikir berbeda-beda dalam merepresentasikan diagram bebas benda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya berpikir peserta didik dalam merepresentasikan diagram bebas benda dan kemampuan representasi diagram bebas benda peserta didik pada materi Hukum Newton. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 1 Prembun kelas X tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan angket karakteristik gaya berpikir, tes kemampuan representasi diagram bebas benda, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kemampuan representasi diagram bebas benda mengacu pada indikator kemampuan representasi diagram bebas benda menurut Rosengrant, et al. (2009, hlm.5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik memiliki gaya berpikir yang yang berbeda-beda dalam merepresentasikan diagram bebas benda pada materi Hukum Newton dan (2) kemampuan diagram bebas benda peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Prembun tahun ajaran 2018/2019 pada materi Hukum Newton termasuk dalam kriteria Needs Improvement (butuh peningkatan).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Berpikir; Kemampuan Representasi Diagram Bebas Benda; Hukum Newton.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:58
Last Modified: 29 Jul 2020 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37605

Actions (login required)

View Item View Item