HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH TERINTEGRASI PONDOK PESANTREN: STUDI KASUS MA YAJRI MAGELANG


Kummala Rachmi, 4201415061 (2019) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH TERINTEGRASI PONDOK PESANTREN: STUDI KASUS MA YAJRI MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 4201415061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 telah diterapkan secara nasional oleh pemerintah tahun ajaran 2014/2015. Kurikulum ini mengubah pembelajaran pasif atau berpusat pada guru menjadi pembelajaran aktif atau berpusat pada siswa. Pada kenyataannya masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut masih terjadi di MA Yajri Magelang yang merupakan madrasah terintegrasi pondok. Pembelajaran berpusat pada guru dapat berpengaruh terhadap tingkat aktivitas belajar siswa di kelas. Penelitian dilakukan di MA tersebut untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar siswa di dalam kelas terhadap hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA MA Yajri Magelang. Kelas XI IPA terdiri atas kelas XI IPA A atau kelas putri dan kelas XI IPA B yang merupakan kelas putra. Penelitian ini menggunakan mixed method sequential explanatory dengan menggabungkan data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar angket, instrumen tes dan panduan wawancara untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian materi gelombang mekanik berupa soal dengan tipe pilihan ganda. Hasil wawancara mendukung data observasi yang menunjukkan tingkat aktivitas belajar siswa yang masih rendah. Uji hipotesis menyatakan tidak ada hubungan secara signifikan, namun terdapat korelasi positif antara data angket aktivitas belajar dengan hasil belajar sebesar 0,003 dan data observasi aktivitas belajar dengan hasil belajar sebesar 0,215.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, MA Yajri Magelang.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:50
Last Modified: 29 Jul 2020 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37604

Actions (login required)

View Item View Item