PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PEMAHAMAN MATERI LISTRIK SISWA TUNARUNGU


Andi Wibowo, 4201415056 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PEMAHAMAN MATERI LISTRIK SISWA TUNARUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA khususnya materi fisika. Guru sering kali menggunakan metode ceramah (teacher centered) dan menggunakan buku yang kurang memperhatikan karakteristik siswa tunarungu dan tidak bermuatan karakter dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter bagi siswa tunarungu juga penting dilaksanakan dan memerlukan media yang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook yang dapat meningkatkan karakter dan pemahaman materi fisika siswa tunarungu. Metode penelitian ini yaitu Research and Development dengan model 3D dari 4D yang meliputi: define (definisi), design (desain), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian adalah sembilan siswa tunarungu kelas X SLB N Ungaran. Hasil uji kelayakan media scapbook memperoleh persentase kelayakan sebesar 77,43% dengan kriteria layak. Kemudian, uji kepraktisan media scrapbook memperoleh persentase sebesar 71,99% dengan kriteria praktis. Kemudian, hasil uji efektifitas menggunakan effect size diperoleh nilai sebesar 3,23 dengan kategori tinggi. Hasil peningkatan karakter sebesar 39,79%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam menunjang proses pembelajaran IPA siswa tunarungu pokok bahasan listrik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Listrik, Tunarungu, dan Pendidikan Karakter
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:45
Last Modified: 29 Jul 2020 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37603

Actions (login required)

View Item View Item