PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERKOMPLEMENTASI KARAKTER MATERI USAHA DAN ENERGI


Namiroh, 4201415050 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERKOMPLEMENTASI KARAKTER MATERI USAHA DAN ENERGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah (MA) merupakan satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah. Akan tetapi, masih dijumpai MA yang belum bisa mengoptimalkan nilai-nilai islam dalam setiap pembelajaran terutama fisika, seperti pada MA Negeri 02 Kota Semarang. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan di sekolah masih terbatas pada penyajian materi ringkas dan rumus-rumus singkat sehingga peserta didik merasa kesulitan ketika memecahkan persoalan yang berkaitan dengan kehidupan, kemudian bahan ajar juga belum terdapat pengintegrasian nilai-nilai islam didalamnya. Bahan ajar fisika berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, and Society) terkomplementasi karakter disajikan dalam materi yang berkaitan dengan aspek Islam, sains, lingkungan, teknologi, dan sosial sehingga peserta didik didorong lebih aktif, kreatif, dan berpikir kritis dalam memecahkan persoalan. Karakter juga diintegrasikan dalam bahan ajar fisika berbasis I-SETS, agar program Kemendikbud mengenai pencanangan pendidikan karakter terhadap peserta didik dapat terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bahan ajar, tingkat kelayakan, keterbacaan, kepraktisan dan perkembangan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA 5 MAN 02 Kota Semarang. Prosedur penelitian meliputi: pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, dan tahap uji coba lapangan awal. Bahan ajar diuji kelayakannya dengan menggunakan angket serta uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Uji kepraktisan bahan ajar diuji dengan menggunakan angket. Data perkembangan karakter siswa diperoleh melalui angket karakter dan observasi langsung. Hasil uji kelayakan yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan grafik sebesar 94,91% menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis I-SETS terkomplementasi karakter layak digunakan. Hasil uji keterbacaan mencapai persentase 95,50% menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis I-SETS mudah dipahami. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan bahwa bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran dengan persentase skor 90,47%. Bahan ajar fisika berbasis I-SETS terkomplementasi karakter juga mampu meningkatkan perkembangan karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, I-SETS, karakter.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:42
Last Modified: 29 Jul 2020 16:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37602

Actions (login required)

View Item View Item