PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS INTERNET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA


Widya Nugraheni Widiningrum, 4201415049 (2019) PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS INTERNET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir berpikir kreatif telah dianggap sebagai hal yang penting dalam bidang pendidikan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, pembelajaran di SMA Negeri 8 Semarang masih menggunakan model konvensional yang menyebabkan kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya guided inquiry. Pembelajaran model guided inquiry juga tidak luput dari kendala dalam penerapannya. Sebagai solusi penanganan terhadap kendala pembelajaran, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan minat siswa pada era abad 21 terhadap penggunaan internet, yaitu model guided inquiry berbasis internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan berpikir kreatif dalam penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis internet dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model guided inquiry berbasis internet. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitan One-group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian adalah kelas XI MIPA semester 2 SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019, sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 36 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan model guided inquiry berbasis internet dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, berdasarkan analisis kemampuan berpikir kreatif, diperlihatkan pada nilai pretest siswa sebesar 58,74% dan kriteria cukup kreatif mengalami peningkatan pada nilai posttest sebesar 74,44% termasuk pada kriteria kreatif. (2) Nilai signifikansi kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki harga thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan diterima yang artinya rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran guided inquiry berbasis internet mengalami peningkatan. (3) Nilai peningkatan N-gain kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika pada materi gelombang cahaya menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis internet termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 0,38%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model, Model Pembelajaran, Guided Inquiry, Guided Inquiry Berbasis Internet, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:26
Last Modified: 29 Jul 2020 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37601

Actions (login required)

View Item View Item