PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X


Firda Maulidia, 4201415044 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2018, rerata capaian ujian nasional matematika dan fisika berturut-turut adalah 36,46 dan 43,67. Capaian tersebut menunjukkan bahwa generasi Indonesia mengalami krisis pendidikan sains. Perkembangan pendidikan abad 21 membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir tinggi salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pendidikan sains dilengkapi dengan pendekatan STEM. Pembelajaran dengan pendekatan STEM diterapkan melalui media pembelajaran yang berupa bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik bahan ajar yang sesuai untuk siswa SMA kelas X serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Ada empat tahap prosedur penelitian yang dilakukan yang dilakukan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba bahan ajar. Desain uji coba produk yang digunakan adalah one Group Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba kelompok kecil adalah kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Randudongkal dan uji coba kelompok besar adalah kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Tuntang. Karakteristik bahan ajar yang telah dikembangkan adalah pada penyajian masalah, pertanyaan-pertanyaan, materi, informasi tambahan, kegiatan diskusi dan praktikum yang diintegrasikan dengan aspek sains, teknologi, engineering, dan matematika. Hasil analisis uji kelayakan bahan ajar ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa dapat dikategorikan layak untuk digunakan dengan presentase 84,98%. Berdasarkan hasil analisis uji keterbacaan, bahan ajar berbasis STEM dapat dikategorikan mudah dipahami oleh siswa. Bahan ajar berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan meningkatnya hasil uji gain sebesar 0,5 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, STEM, berpikir kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:23
Last Modified: 29 Jul 2020 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37600

Actions (login required)

View Item View Item