ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN BAHAN AJAR FISIKA TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN PADA SISWA KELAS XI


Erni Dwi Susanti, 4201415039 (2019) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN BAHAN AJAR FISIKA TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN PADA SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pengembangan bahan ajar Fisika terintegrasi ayat Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretestposttest design. Subjek penelitian adalah tiga puluh siswa kelas XI di SMA N 6 Semarang. Tahap-tahap penelitian ini yaitu pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, soal pretest-posttest, lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penilaian, dan lembar pedoman wawancara motivasi belajar siswa. Angket dan soal diberikan sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Fisika terintegrasi ayat Al-Quran, serta observasi dilakukan selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan skala Likert, persentase, dan N-gain. Analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kelayakannya menggunakan angket uji kelayakan yang diisi oleh validator dan diuji tingkat keterbacaannya menggunakan tes rumpang. Hasil uji kelayakan menunjukkan rata-rata persentase penilaian sebesar 83,07% yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Untuk uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata sebesar 76,40% yang termasuk dalam kriteria bahan ajar mudah dipahami. Berdasarkan uji tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar Fisika terintegrasi ayat Al-Quran sangat layak dan mudah dipahami sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar pendamping dalam proses pembelajaran. Selanjutnya dari uji N-gain untuk motivasi belajar diperoleh skor 0,17 yang termasuk dalam kriteria rendah. Hal ini berarti bahwa bahan ajar Fisika yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, namun peningkatan yang terjadi tidak cukup signifikan. Selanjutnya, untuk hasil belajar diperoleh nilai N-gain sebesar 0,63 yang termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar Fisika terintegrasi ayat Al-Quran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cukup signifikan. Dengan demikian, bahan ajar Fisika terintegrasi ayat Al-Quran dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, bahan ajar, ayat Al-quran
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:19
Last Modified: 29 Jul 2020 16:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37599

Actions (login required)

View Item View Item