PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA


Latifah, 4201415032 (2019) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsep-konsep fisika seringkali direpresentasikan dalam bentuk persamaan. Karakteristik tersebut menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep. Oleh karena itu, diperlukan alat evaluasi yang dapat mendiagnosis kesulitan belajar siswa sehingga dapat diketahui letak ketidakpahaman konsep siswa. Tes diagnostik four-tier multiple choice dapat digunakan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa sehingga kelemahan pemahaman konsep siswa dapat teridentifikasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice yang dikembangkan, mengetahui tingkat kevalidan tes diagnostik four-tier multiple choice yang dikembangkan, dan mengetahui profil pemahaman konsep siswa pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model 3D (Define, Design, and Develop). Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap uji ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Hasil validasi ahli diperoleh skor rata-rata validator 1 adalah 99,47% dan validator 2 adalah 96,88% yang artinya bahwa tes diagnostik ini sangat layak digunakan. Hasil uji skala kecil menunjukan bahwa tes diagnostik dinyatakan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,831. Hasil uji skala besar diperoleh rata-rata persentase siswa yang berada pada kategori paham sebesar 10,92%, rata-rata persentase siswa yang tidak paham sebesar 55,42%, dan rata-rata persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 33,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tes diagnostik four-tier multiple choice yang dikembangkan layak diterapkan dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa materi gelombang bunyi dan cahaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tes Diagnostik, Four-tier Multiple Choice, Pemahaman Konsep Siswa, Gelombang Bunyi dan Cahaya.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:16
Last Modified: 29 Jul 2020 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37598

Actions (login required)

View Item View Item