PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MAJALAH TERINTEGRASI I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) DAN MUATAN KARAKTER


Padilah Popilaya, 4201415023 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MAJALAH TERINTEGRASI I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) DAN MUATAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) dan muatan karakter, menganalisis kelayakan, keterbacaan dan kepraktisannya, serta menganalisis perkembangan karakter siswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) dan muatan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan pendekatan define, design, dan develop. Hasil analisis uji kelayakan yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan sebesar 89,78% menunjukkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS dan muatan karakter sangat layak digunakan. Hasil analisis uji keterbacaan mencapai persentase 83,6% menunjukkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS dan muatan karakter mudah dipahami. Hasil analisis uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS dan muatan karakter praktis digunakan dengan presentase kepraktisan sebesar 75%. Didasarkan dari data tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS dan muatan karakter yang dikembangkan dapat digunakan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran di sekolah. Selanjutnya, dari hasil perhitungan N-gain diperoleh skor karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan komunikatif melalui metode angket yaitu 0,1, 0,1, 0,04, dan 0,1, sedangkan hasil perhitungan N-gain setiap karakter secara bertutut-turut melalui metode observasi pada setiap pertemuan yaitu pertemuan ke-1 diperoleh skor 0,2, 0,3, dan 0,4, pertemuan ke-2 diperoleh skor 0,2, 0,7, dan 0,8, pertemuan ke-3 diperoleh skor 0,5, 0,6, dan 0,8, dan pertemuan ke-4 diperoleh skor 0,3, 0,3, dan 0,5. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar Fisika berbasis majalah terintegrasi I-SETS dan muatan karakter juga mampu meningkatkan karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, majalah, I-SETS, karakter.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:10
Last Modified: 29 Jul 2020 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37596

Actions (login required)

View Item View Item